Destinasi Pantai Indah, Yang Tersembunyi di Baluran

Wisata Pantai Balanan di Taman Nasional Baluran merupakan salah satu destinasi wisata yang letaknya ada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyu Putih, Jawa Timur.

WartaWisata.ID – Bagi banyak orang, Baluran merupakan destinasi yang sebenarnya cukup mainstream. Namun, dengan begitu luasnya area taman nasional ini sebenarnya banyak sekali spot-spot yang belum pernah dijelajahi dan masih “perawan”. Salah satu spot yang belum banyak diketahui adalah Pantai Balanan.Memang lokasi ini masih belum untuk umum karena aksesnya yang cukup sulit

Wisata Pantai Balanan di Taman Nasional Baluran merupakan salah satu destinasi wisata yang letaknya ada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyu Putih, Jawa Timur. Pantai Balanan sendiri menawarkan keindahan yang mampu menghilangkan semua kejenuhan dan rasa stres dari aktivitas sehari-hari. Bagi kalian yang kebetulan berkunjung ke daerah Situbondo, tak ada salahnya mengunjungi destinasi wisata pantai yang satu ini.

Selain menyajikan pemandangan pantai yang masih bersih, indah, dan asri, tujuan wisata ini juga memiliki daya tarik berupa ramahnya penduduk sekitar. Untuk keindahan pantainya, di sini kalian dapat menikmati indahnya pasir putih. Keindahan tersebut disempurnakan dengan birunya warna air laut sehingga kita dapat melihat pemandangan di bawah air dengan sangat jelas. Tak hanya itu saja, di sekitar Pantai Balanan juga terdapat sabana yang dapat digunakan untuk berjalan-jalan.

Daya tarik lain dari Pantai Balanan adalah terdapat sentigi yang merupakan salah satu jenis mangrove langka yang apabila dijual harganya dapat mencapai jutaan rupiah. Hal ini karena kayu sentigi biasanya digunakan sebagai gagang pedang, keris, dan sebagainya. Untuk itu, pemerintah daerah Taman Nasional Baluran benar-benar secara ketat mengawasi aktivitas mencurigakan di area tumbuhnya sentigi agar tidak dirusak oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Selain bermain di sekitar pantai, ada beberapa kegiatan wisata yang dapat kalian lakukan di Pantai Balanan. Pertama adalah berjemur. Ini adalah aktivitas yang sangat mainstream untuk dilakukan ketika berwisata ke pantai. Biasanya, wisatawan yang suka berjemur adalah wisatawan dari luar negeri.

Di sini, tak sedikit wisatawan yang juga snorkeling. Kondisi Pantai Balanan sangat mendukung untuk melakukan aktivitas tersebut. kalian dapat sekaligus mengabadikan indahnya pemandangan bawah laut Pantai Balanan sambal menikmati indahnya alam sekitar.

Sebagai destinasi yang belum banyak dikunjungi wisatawan, tentu saja fasilitas yang disediakan di pantai Balanan tidak ada infrastruktur dan benar benar alami. Akses menuju Pantai Balanan ini bias dicapai dengan berjalan kaki dari Pantai Bama menuju ke arah kiri menyusuri pantai. Cara lainnya adalah menggunakan motor trail.

Namun perlu diingat bahwa akses menuju ke Pantai Balana masih belum dibuka untuk umum. Jadi, sangat disarankan untuk ditemani ranger atau ketika mereka sedang berpatroli kita bisa membonceng mereka untuk menuju ke sini.