Densus 88 Selidiki Temukan Bom Rakitan di Sleman

Densus 88 serta Kepolisian tengah menyelidiki lebih lanjut mengenai penemuan bom rakitan di Sleman, Yogyakarta.

INDONESIAKITA.ID, Sleman – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap satu orang terduga teroris atas nama Agus Wijayanto di Pandowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (22/1).

“Telah dilakukan penangkapan terhadap 1 orang target tindak pidana terorisme berinisial AW (39),” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangannya.

Ramadhan menyampaikan Agus merupakan seorang simpatisan dari kelompok ISIS. Ia juga disebut kerap mengunggah konten propaganda di media sosial.

“Merupakan simpatisan ISIS yang aktif memposting gambar dan video propaganda ISIS di media sosial serta mengunggah seruan provokatif untuk melakukan aksi teror,” ucap Ramadhan.

Lebih lanjut, Ramadhan juga menyebut bahwa Agus memiliki niat untuk melakukan aksi pengeboman. Kendati, Ramadhan belum menerangkannya lebih rinci.

“Adanya keinginan melakukan aksi teror dengan menggunakan bahan peledak,” ujarnya.

Sebelumnya, Densus 88 juga menemukan dua bom rakitan saat menggeledah rumah milik terduga teroris Agus Wijayanto di Sleman.

Kedua bom rakitan itu langsung dimusnahkan oleh tim penjinak bom (jibom) Gegana Sat Brimob Polda DIY. Dalam upaya tersebut, satu bom rakitan berhasil didisrupter dengan sempurna dan satu lainnya tidak terdisrupter dengan sempurna.

Selanjutnya, bahan material bom yang diamankan oleh tim jibom Geganan Sat Brimob Polda DIY akan dilakukan proses pendalaman lebih lanjut.

Sementara itu, Kapolresta Sleman Kombes Aris Supriyono mengatakan Densus 88 masih terus melakukan penggeledahan dan penyisiran di rumah terduga teroris Agus Wijayanto.

“Penggeledahan masih (berlangsung),” kata saat dikonfirmasi.

(PP)