Jokowi Beri Sinyal Dukungan Yusril Jadi Capres 2024

INDONESIAKITA.ID, Solo – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pernyataan serius menanggapi dukungannya kepada Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra untuk dicalonkan menjadi presiden atau wakil presiden di Pemilu 2024.

Mengutip detikNews, dukungan kepada Yusril itu disampaikan Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional PBB di Jakarta Utara, Rabu (11/1/2023).

“Tapi kalau menyimak apa yang disampaikan Prof Yusril tadi, dengan pengalaman yang begitu sangat panjang, saya mendukung loh, kalau Prof Yusril di 2024 nanti dicalonkan jadi presiden atau wakil presiden,” kata Jokowi seperti dilansir detikNews.

Selain itu, Jokowi juga berpesan kepada PBB untuk mencarikan ‘kendaraan’ agar Yusril memenuhi syarat untuk dicalonkan menjadi presiden atau wakil presiden.

“Ini serius, serius. Tapi tugasnya PBB mencarikan kendaraan supaya sampai 20 persen. Iya dong. Ya tugasnya di situ. Begitu dapat kendaraan saya dukung. Serius,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu Jokowi juga bercerita tentang dukungan dari PBB saat dirinya menjadi Wali Kota Solo. Oleh karena itu Jokowi menyatakan dukungannya kepada Yusril hal wajar.

“Karena saya saat wali kota, salah satu partai yang mendukung saya, itu adalah PBB. Saat presiden juga PBB, jadi kalau saya dukung gantian, nggak ada salahnya.,” ujar Jokowi.

Menanggapi dukungan Jokowi, Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Noor mengusulkan target PBB pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 adalah menjadikan Yusril sebagai Wakil Presiden periode 2024-2029. Afriansyah mengatakan usulan tersebut akan betul-betul menjadi target PBB jika mendapatkan restu Presiden Jokowi.

Sebelumya, Yusril pernah menjadi calon presiden pada Pemilu 1999. Akan tetapi, Yusril memilih mengundurkan diri atas nama kepentingan negara.

“Karena King Maker saat ini Presiden Jokowi. Hampir 23 tahun kita menunggu, dan kalau Allah berkenan, 2024 ini minimal Ketua Umum kita jadi Wakil Presiden Indonesia asal direstui Bapak Jokowi,” ucap Afriansyah.

 

(pp)