Elektabilitas Ganjar Pranowo Semakin Meningkat, Capai 57,7% di DIY

INDONESIAKITA.ID, Yogyakarta – Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden mencapai 57,7 persen di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal ini disimpulkan berdasarkan survei Kolaborasi Strategis atau Kolasse.

“Ganjar Pranowo unggul dalam pertanyaan yang menyertakan nama 10 calon presiden dan perandaian apabila pemilu dilakukan saat ini,” kata Chief Operating Officer (COO) Kolasse, Satria Aji Imawan, Kamis (29/12/2022).

Elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 57,7 persen, unggul atas nama seperti Prabowo Subianto (14,7 persen), Anies Baswedan (7,5 persen), Ridwan Kamil (4,1 persen), dan Andika Perkasa (2,6 persen).

Satria mengatakan pertimbangan terbesar masyarakat dalam memilih capres pada pemilu mendatang, yakni rekam jejak pekerjaan (37,1 persen), popularitas (14,5 persen), dan anggapan bahwa tokoh terkait adalah sosok pembaru (7 persen).

Sementara itu, dalam pertanyaan sosok yang paling diharapkan masyarakat DIY untuk menjadi calon wakil presiden, nama Ridwan Kamil muncul sebagai yang teratas (9,4 persen). Setelahnya, Sandiaga Uno (7,4 persen), Ganjar Pranowo (6,7 persen), Prabowo Subianto (4,3 persen), dan Erick Thohir (3,4 persen).

Berikutnya, 52 persen responden mengaku membayangkan sosok presiden merakyat apabila orang terkait sering blusukan. Kemudian, 30 persen masyarakat menilai pemimpin merakyat jika mengedepankan dialog dengan warga.

Penelitian dilakukan di 50 kelurahan yang tersebar di lima kabupaten/kota di DIY dengan proporsi responden yang didasarkan pada daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. Sampel pada penelitian ini sebesar 484 responden dengan proporsi gender berimbang. Angka margin of error plus minus 4,45 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengambilan data dilakukan pada 8–18 Desember 2022. Wawancara dilakukan secara tatap muka. Responden dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling.

Survei menunjukkan bahwa Prabowo Subianto menjadi tokoh paling dikenal masyarakat DIY (95,2 persen). Menyusul setelah Prabowo, nama Ganjar Pranowo (92,6 persen), Anies Baswedan (83,9 persen), dan Sandiaga Uno (82,6 persen).

 

 

(pp)