BLT Rp300.000 Bentar Lagi Cair, Nama Anda Ada di Daftar Ini?

Pemerintah menyiapkan Rp6,9 triliun untuk disalurkan sebagai bantuan langsung tunai (BLT). Yang akan disalurkan kepada 20,5 juta keluarga dan 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL) sebagai BLT minyak goreng (migor)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun Youtube Sekretariat Presiden mengumumkan, BLT migor diberikan sebesar Rp100.000 per bulan.

“Bantuan akan diberikan bagi20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) serta 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan,” kata Jokowi, Jumat (1/4/2022).

BLT minyak goreng, lanjutnya, diberikan untuk meringankan beban masyarakat akibat kenaikan harga minyak goreng yang cukup tinggi. Menyusul
lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional.

“Bantuan diberikan Rp 100 ribu setiap bulannya. Pemerintah akan memberikan bantuan itu 3 bulan sekaligus yaitu April, Mei, dan Juni,” lanjut Jokowi.

Menurut Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu, penyaluran kepada 20,5 juta masyarakat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) lewat PT Pos dan penyaluran ke PKL makanan, PKL, dan warung-warung akan disalurkan oleh TNI, Polri,.

  1. Dengan kebutuhan anggaran Rp 6,15 triliun dan untuk PKL dan warung makanan Rp 0,75 triliun, sehingga total Rp 6,9 triliun. Yang akan masuk ke dalam fleksibilitas APBN.