Berkunjung ke Tanah Datar, Ayo Lihat Pesona Puncak Tampuniak

Program tersebut untuk menjadikan Sungayang sebagai desa wisata di Tanah Datar, Sumatera Barat. Salah satu upaya tersebut adalah pengembangan destinasi wisata Puncak Tampuniak Gunung Kasumbo.

Pemerintah Nagari Sungayang, Kecamatan Sungayang tengah mengembangkan potensi destinasi wisata yang ada di kenagarian itu.

Program tersebut untuk menjadikan Sungayang sebagai desa wisata di Tanah Datar, Sumatera Barat. Salah satu upaya tersebut adalah pengembangan destinasi wisata Puncak Tampuniak Gunung Kasumbo.

Puncak Tampuniak sendiri berlokasi diatas perbukitan yang berjarak 1,2 kilometer dari bibir jalan raya Batusangkar-Lintau. Untuk menuju lokasi, dapat ditempuh dengan berjalan kaki maupun berkendara.

Dahulunya, lokasi ini menjadi tempat istirahat bagi masyarakat usai mencari kayu ataupun buah dama (kemiri). Kini, disulap menjadi tempat wisata panorama alam yang terbuka untuk umum. Dari puncak itu, pengunjung dapat menikmati pesona alam Tanah Datar.

Hamparan sawah dan jajaran Bukit Barisan nan hijau menghampar luas sejauh mata memandang. Destinasi ini sengaja dibangun oleh nagari, Kerapatan Adat Nagari dan masyarakat Sungayang guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan wisata alam. Meski tergolong baru, namun objek wisata ini selalu ramai dikunjungi terutama kala sore hari.

“Puncak [Tampuniak Gunung] Kasumbo dilalui aliran Sungai Batang Tampunik. Puncak ini dapat dimanfaatkan pencinta motor trabas untuk uji nyali, karena lokasi ini sangat mendukung untuk olah raga yang satu ini,” ujar PJ Walinagari Sungayang Syahwirman didampingi mantan Walinagari Sungayang Izhar Rasyid.

Untuk Lebaran tahun ini, pemerintah nagari tengah mempersiapkan berbagai pembenahan seperti membangun spot-spot selfie yang Instagramable. Serta pembenahan akses jalan dan jembatan menuju lokasi.

“Tahun lalu di Puncak [Tampuniak Gunung] Kasumbo, masyarakat setempat mendirikan tiang bendera setinggi 25 meter dan pada 17 Agustus mengibarkannya untuk mengingat hari lahirnya bangsa ini,” papar Syahwirman.

Saat ini untuk akses jalan menuju lokasi Puncak Tampuniak sudah besar sehingga dapat dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4. Pihak nagari pun bertekad dalam 6 bulan kedepan akan segera melakukan pengaspalan jalan.

“Jika sedang musim hujan akses jalan ini tidak bisa dilalui karena licin dan berlumpur. Karena itu diharapkan partipasi penuh oleh perantau Sungayang yang ada diseluruh Nusantara ini,” harapnya.

Yuk lihat pesona Puncak Tampuniak Gunung Kasumbo.