Segarnya Ikan Pindang Serani, Kuliner Khas Jepara

Makanan tradisional Pindang Serani menyimpan satu rahasia khusus dalam pengelolaannya, sehingga dengan bumbu kuah khususnya ini, memberikan cita rasa yang khas pada makanan ini.

Indonesiakita.ID – Berwisata ke Kota Jepara, jangan lupa mencicipi masakan khasnya yaitu Ikan Pindang Serani. Sensasi yang ditawarkan kuliner ini, benar-benar membuat lidah bergoyang tanpa henti. Kelezatan, gurih serta segarnya menu masakan ini, membuat siapapun yang mencicipinya bakal ketagihan.

Yah, Ikan Pindang Serani adalah masakan khas Jepara, Jawa Tengah, berupa kreasi olahan dari ikan laut, biasanya digunakan ikan bandeng, tapi pilihan jenis ikan lainnya pun tak kalah seru rasanya. Seperti ikan patin, ikan tenggiri, ikan kembung, ikan tongkol dan ikan kakap. Atau, bagi penggemar ikan sungai, dapat juga menggantikan ikan-ikan laut ini.

Bahkan, beberapa resto di Jepara juga menyajikan Pindang Serani Daging, alternatif pilihan bagi yang tidak menyukai ikan. Rasa intinya pun tetap dapat dinikmati, yaitu rasa pedas, bercampur dengan sedikit asam dan manis. Langsung terasa segarnya begitu sajian masakan ini menyentuh tenggorokan.

Makanan tradisional Pindang Serani menyimpan satu rahasia khusus dalam pengelolaannya, sehingga dengan bumbu kuah khususnya ini, memberikan cita rasa yang khas pada makanan ini. Tak heran, jika sajian masakan Pindang Serani ini, juga menjadi salah satu makanan yang sering di cari bagi wisatawan yang datang ke Kota Jepara.

Rahasia tekstur dan rasa lezatnya, diperoleh dari pemilihan bahan dasarnya yaitu ikan-ikan yang masih sangat segar. Diracik bersama bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, sereh, jahe, terasi, gula merah, merica, garam, lengkuas, dan lain-lain dan tak lupa dikasih air, lalu dimasak dengan cara khusus, sehingga menghasilkan rasa yang khas pada sajian khas ini, dan menghasilkan rasa pedas dan gurih yang begitu lezat terasa di lidah saat menyantapnya. Ikan segar pada Pindang Serani ini dimasak secara khusus sehingga memiliki tekstur yang empuk dan kenyal. Hal ini menimbulkan sensasi pas saat dinikmati.

Pindang Serani sangat mudah kita temukan di Jepara. Beberapa resto di Jepara yang bisa jadi rujukan saat Traveler berkunjung ke kota ini dan ingin mencicipi masakan khas Ikan Pindang Seruni, Traveler dapat mampir ke Rumah Makan Cipto Roso. Rumah makan ini terletak di pusat kota Jepara, tidak jauh dari alun – alun kota Jepara, tepatnya di Jl. Dr. Sutomo 9-A, Kauman, Jepara, Jawa tengah.

Selain itu dapat juga mampir ke Kedai Ikan Bakar Mak Gipah yang berada di area Pantai Bandengan. Juga bisa mampir ke Warung Makan Pindang Serani dan Ikan Bakar Karimun yang terletak di Jalan Jokobuto II, Kecamatan Jepara, dan rumah makan lainnya yang menyebar di sekitaran Kota Jepara.