Waskita Karya Akan Jual 5 Ruas Tol ke Investor

Indonesiakita.ID – Manajemen PT Waskita Karya Tbk (WSKT) pada tahun ini harus bekerja ekstra keras untuk memperbaiki kinerja keuangan. Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan, saat ini perusahaan memiliki 9 ruas jalan tol yang siap didivestasikan atau dijual ke investor. Namun, pada tahun ini perusahaan baru akan menawarkan 5 ruas ke investor.

“Akibat pandemi 2020, harusnya 5 ruas yang kami tawarkan ke investor. Kami gagal, akibatnya investor menunda,” katanya dalam dalam konferensi pers virtual Mengukur Infrastruktur Waskita, Kamis (8/4).

Destiawan optimistis tahun ini perusahaan dapat menjual konsesi pengelolaan 5 ruas tol tersebut untuk pemulihan kinerja keuangan. Selain itu, penjualan 5 ruas tol ini akan mengurangi beban perusahaan.

Berdasarkan bahan yang dipaparkan, saat ini komposisi total kontrak kerja yang dikelola perusahaan sebanyak Rp 66 triliun. Kontrak kerja itu terbagi menjadi dua, yakni sisa kontrak kerja yangsedang dikerjakan dan kontrak baru hingga akhir tahun 2020.

Dari komposisi nilai kontrak kerja yang ada, sebesar Rp 27 triliun merupakan raihan kontrak baru. Ia merinci, beberapa proyek baru tersebut terdiri pembangunan gedung mencapai 15 persen, infrastruktur sumber daya air 11 persen, infrastruktur konektivitas 49 persen, serta EPC dan anak perusahaan 25 persen.