Liverpool Menang Tipis Atas Tottenham di Anfield

Indonesiakita.ID – Liverpool memenangkan duel melawan Tottenham Hotspur dalam lanjutan Premier League. The Reds menang 2-1, dengan gol kemenangan dicetak Roberto Firmino.

Pekan ke-13 Liga Inggris mempertemukan dua tim papan atas, Liverpool vs Tottenham di Stadion Anfield, Kamis (17/12/2020) dini hari WIB. Tim tuan rumah tampil dominan dengan penguasaan bola 76 persen dan melepaskan 17 tembakan.

Mohamed Salah membuka gol lebih dulu di menit ke-26. Son Heung-min mampu membalas tujuh menit berselang, sekaligus menutup babak pertama dengan skor 1-1.

Pada paruh kedua, Liverpool berhasil menambah gol lewat bola tandukanFirmino. Laga tuntas dengan kemenangan The Reds 2-1.

Kemenangan ini membawa Liverpool mengkudeta Tottenham dari puncak klasemen Liga Inggris dengan 28 poin. Sementara itu, The Lilywhites turun ke peringkat kedua dengan 25 poin.

Jalannya Pertandingan

Roberto Firmino mengancam lewat bola sundulannya di menit ke-11. Percobaannya itu bisa diselamatkan Hugo Lloris.

Liverpool kembali memiliki peluang emas di menit ke-20. Mohamed Salah mendapat umpan tarik dari Andrew Robertson dan melepaskan tembakan yang bisa digagalkan Lloris.

Gol! Liverpool mencetak angka di menit ke-26. Salah mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari tusukan Curtis Jones di sisi kiri, bola kemudian dioper ke Salah yang langsung menembak bola masuk ke dalam gawang Tottenham. 1-0 Liverpool memimpin.

Gol! Tottenham membalas di menit ke-32. Son membobol gawang Liverpool lewat sepakannya, memanfaatkan umpan terobosan Giovani Lo Celso.

Video Assistant Referee (VAR) sempat meninjau ulang proses gol Tottenham lantaran Son dianggap offside. Gol Tottenham dinyatakan sah, sekaligus mengubah skor menjadi 1-1 yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Tottenham nyaris mencetak gol di menit ke-46 lewat bola tendangan jarak dekat Steven Bergwijn. Bola masih meluncur tipis di samping gawang Liverpool.

Tottenham kembali mengancam di menit ke-49. Harry Kane mampu memotong umpan Alisson dan meluncurkan bola dari luar kotak penalti yang dihalau keluar oleh Alisson.

Liverpool membalas dengan percobaan tembakan yang dilepaskan Salah di menit ke-57. Bola bisa ditepis Lloris dan hanya berbuah sepak pojok.

Tottenham nyaris mencetak gol di menit ke-62. Bergwijn lolos dari barisan belakang Liverpool dan menendang bola yang membentur tiang gawang The Reds.

Liverpool mendapat peluang lagi di menit ke-65 melalui sepakan Firmino di kotak penalti. Bola masih membentur lini belakang Tottenham dan dapat diselamatkan Lloris.

Sadio Mane mengancam lewat sepakan jarak dekatnya di menit ke-73. Bola membentur mistar gawang.

Gol! Liverpool mencetak gol kedua di menit ke-90. Firmino sukses membobol gawan Tottenham lewat bola sundulannya, memanfaatkan sepak pojok Robertson. Kedudukan berubah untuk The Reds 2-1 yang bertahan hingga laga tuntas.

Susunan Pemain

Liverpool: Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Rhys Williams, Fabinho, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum, Curtis Jones; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris; Bne Davies, Eric Dier, Toby Alderweireld, Serge Aurier; Pierre-Emile Hoejbjerg, Moussa Sissoko; Son Heung-min (Dele Alli 87′), Giovani Lo Celso (Lucas Moura 57′), Steven Bergwijn (Sergio Reguilon 76′); Harry Kane.